Rss Feed

Sabtu, 03 Oktober 2009

mengapa emas berwarna kuning & Tembaga berwarna metalik ???


Emas ialah unsur  kimia yang mempunyai simbol  Au(Aurum) dan mempunyai nomor atom 79. Susunan elektron terluar dari emas adalah 4f14 5d10 6S1, dan konfigurasi elektronnya adalah(Xe) 4f14 5d10 6s1. Sifat elektron ini sangat berkaitan dengan sifat warna kuning emas.  Emas merupakan logam lembut, mengkilat, mudah ditempa, dan mempunyai nilai jual yang tinggi. Emas dapat dibagi menjadi beberapa golongan menurut warna dan kemurniaanya.
Kenapa emas berwarna kuning ???
http://tukangsinyal.files.wordpress.com/2008/05/goldbar.jpg




Emas berwarna kuning disebabkan oleh frekuensi Plasmon emas yang terletak pada julat penglihatan yang mengakibatkan warna merah dan kuning dipantulkan, sementara warna biru diserap. Hanya koloid perak yang mempunyai interaksi yang sama terhadap cahaya, tetapi dalam frekuensi yang lebih pendek sehingga menyebabkan warna koloid perak menjadi kuning. Selain itu warna kuning pada emas disebabkan oleh susunan elektronnya, warna logam terbentuk berdasarkan transisi electron di antara ikatan-ikatan energinya. Kemampuan menyerap cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi karena transisi ikatan d yang melepaskan posisi di ikatan konduksi




Kenapa Tembaga berwarna metalik ?


Tembaga adalah suatu unsur kimia yang dalam table periodic memiliki lambing Cu dan nomor atom 29, lambing ini berasal dari bahasa latin yaitu Cuprum. Dan tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik selain itu tembaga memiliki korosi yang sangat lambat.
Kenapa tembaga berwarna metalik???
Ketika cahaya mengenai permukaan logam, maka electron dalam atom akan menyerap energy sehingga electron tersebut akan berpindah orbital dengan tingkat energy yang lebih tinggi(tereksitasi) sehingga terdapat electron negative pada tingkat yang lebih tinggi dan positif pada tingkat yang lebih rendah. Sementara logam merupakan penghantar listrik yang paling baik, adanya arus ini menyebabkan logam berwarna , ketika electron jatuh kembali ketingkat energy semula dan memancarkan cahaya dan semua warna terserap dan dipancarkan dalam jumlah yang sama maka warna yang akan terjadi adalah warna metalik mengkilat. Sedangkan warna yang terbentuk untuk logam lain adalah tergantung pada tingkat energy elektronnya.


2 komentar:

  1. wahhh..
    dah bisa posting skg..
    ha ha ha..
    spa yg ngajari.??
    hoohoo..

    ^^

    BalasHapus