Rss Feed

Your pictures and fotos in a slideshow on MySpace, eBay, Facebook or your website!view all pictures of this slideshow

Rabu, 11 November 2009

Sabun ?

http://wb4.itrademarket.com/pdimage/04/1186904_sabun.jpg



Pasti kita sudah gak pernah asing lagi sama yang namanya sabun??? entah itu sabun mandi, sabun cuci ataupun sabun hanya untuk hiasan

Tahukan kamu kalau Sabun merupakan senyawa kimia surfaktan yang digunakan untuk mencuci atau membersihkan badan dari kotoran(khusus sabun mandi). Klo mau lebih jelas apa sih komposisi yang terdapat didalam sabun, baca aja artikel dibawah ini

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sabun merupakan campuran garam natrium atau kalium dari asam lemak yang dapat diturunkan dari minyak atau lemak dengan direaksikan dengan alkali, contohnya natrium atau kalium hidroksida pada suhu 80-100 C melalui suatu proses yang disebut saponifikasi yang dimana lemak akan terhidrolisis oleh basa yang menghasilkan gliserol dan sabun mentah. Sabun terdiri dari 2 jenis yaitu sabun padat dan sabun cair, untuk membuat sabun padat yaitu dengan menggunakan basa NaOH sedangkan untuk membuat sabun cair digunakan basa KaOH.

Terus kok ada sabun yang berwarna-warni dan baunya yang harum seperti bunga dan buah-buahan???

Untuk menarik para konsumen dan konsumen tidak bosan mandi dengan bau itu saja, maka diciptakanlah sebuah terobosan baru, misalnya sabun dengan wangi buah-buahan seperti, wangi apel, anggur, strowberry, melon dll dan ada juga dari bunga. Caranya yaitu dengan ekstraksi esterifikasi yang dimana dengan mengekstrak dari bahan dasar buah-buahan atau bunga-bungaan.

Beberapa bahan sabun dan sifatnya :
  1. Alkohol adalah bahan dasar yang digunakan untuk melarutkan sabun agar menjadi bening dan transparan, alcohol dengan konsentrasi tinggi akan semakin baik sebagai pelarut dan sabun yang dihasilkan akan lebih jernih dan lebih transparant.
  2. Gliserin adalah senyawa alkohol dengan tiga OH- yang terikat pada propana yang dikenal dengan humectan yang berfungsi sebagai senyawa penjaga kelembaban kulit.
  3. Stearic acid membantu untuk mengeraskan sabun yang khususnya minyak dari tumbuhan.
  4. Pewarna yang digunakan pada pembuatan sabun yaitu dengan menggunakan pewarna makanan, namun sering tidak stabil pada suasana basa sehingga kurang tajam.
  5. Pewangi biasanya diambil dari esterifikasi ester
  6. Antioksidan, karena sabun trsusun dari asam lemak yang sebagian mengandung ikatan yang tidak jenuh yang mudah teroksidasi sehingga sabun memerlukan bahan antioksidan.
  7. Whitening Agent (pemutih) adalah agen farmasi yang digunakan sebagai pengontrol produksi melanin yang berfungsi mencegah hiperpikmentasi yaitu penggelapan warna.

http://i.ehow.com/images/GlobalPhoto/Articles/4702673/soap-main_Full.jpg

Bagaimana cara kerja sabun???

Cara kerja sabun adalah dengan cara mengikat minyak didalam air, sehingga akhinya minyak dan kotoran yang melekat karena minyak dapat dibilas dengan mudah.

Molekul-molekul sabun berbentuk panjang dan tipis. Pada hampir seluruh panjangnya (arau "ekornya") strukturnya tepat sama dengan molekul-molekul minyak, karena itu memiliki afinitas atau keakraban dengan molekul-molekul minyak. Tapi, pada salah satu ujungnya yang lain (atau "kepalanya") ada sepasang atom yang muatan listriknya sedemikian hingga hanya senang bergabung dengan molekul-molekul air, dan kepala inilah yang membuat seluruh molekul sabun menyatu dengan air--membuatnya dapat larut. Sewaktu berenang di dalam air, apabila sekelompok molekul sabun bertemu dengan partikel kotoran berminyak pada pakaian, ekor mereka yang senang berteman dengan minyak akan mengikatkan diri dengan molekul-molekul minyak, sedangkan kepala-kepala membuat molekul-molekul sabun tetap menyatu erat dengan air. Alhasil minyak tertarik kedalam air, selanjutnya partikel kotoran yang semula disandera oleh minyak kini bebas untuk ikut mengalir dengan air. Nah gtu critanya.

__________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar